Rabu, 30 April 2008

OBAT – OBATAN DI SEKITAR KITA ( bagian O3 )

Bahan makanan yang berkasiat obat lainnya adalah....




  1. KUNYIT .Rempah berkhasiat obat paling luar biasa di dunia. Zat aktif utamanya adalah , cucurmin yg memberikan warna kuning tua pada kunyit. Uji laboratorium menunjukkan , kunyit menurunkan kolesterol, mencegah penggumpalan darah, melindungi liver dari racun2, meningkatkan pertahanan perut terhadap asam ( obat maag ), menurunkan gula darah pada diabetik dan mempunyai aktivitas anti kanker.

  2. LEMON .Buah sitrus ini menduduki posisi sangat tinggi dlm khasiat obat. Jus lemon adalah antiseptik alamiah yg aman dioleskan pada luka sayat atau potong, memar , infeksi. Jus lemon juga baik untuk asma, sakit kepala, pneumonia dan arthritis. Merupakan pembersih darah dan tubuh yg baik. Jus juga membantu mengeluarkan residu obat lama (racun ) dari dalam tubuh.

  3. T E H .Segala macam teh yg alami. The bertindak sebagai anticoagulant, pelindung arteri, antibiotik, senyawa anti ulcer, pencegah gigi berlubang, senyawa anti diare, senyawa anti viral, diuretik, analgesic. Peminum the tampak lebih jarang menderita atherosclerosis(kerusakan dan penyumbatan arteri) dan lebih jarang stroke. Dari semua teh , teh hijau mempunyai kandungan catechins yg paling tinggi, disusul teh Oolong.

  4. SELEDRI .Orang vietnam menggunakannya sebagai obat tradisional untuk tekanan darah tinggi. Senyawa2 seledri menurunkan tekanan darah pada hewan . Dosis untuk manusia: 2 sampai 4 batang sehari. Juga mempunyai khasiat diuretik ringan.Dapat berfungsi mendetok karsinogen terutama asap rokok.

  5. PISANG .Buah pisang kaya akan potassium yg dapat menurunkan risiko stroke jika dimakan sehari minimal 1 buah sampai dgn 40 %.

Bersambung lagi....