Jumat, 25 April 2008

OBAT – OBATAN DI SEKITAR KITA ( bagian O1 )

Tanpa kita sadari ternyata makanan yang biasanya kita anggap sepele ternyata memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh kita secara umum. Namun karena alasan selera atau terkadang alasan tidak ada waktu , kita jadi lalai menginvestasikan kesehatan kita sendiri.
Oleh karena itu saya akan sajikan informasi tentang manfaat bahan makanan yang sering kita jumpai dan pakai namun kurang menghargai kehadirannya.
Jadi harapan saya setelah kita mengetahuinya mulai kini dengan kecerdasan yang kita miliki , kita bisa memilih makanan mana yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan kita , tidak semata - mata mencari makanan yang enak saja.
  1. APEL , Mengandung vitamin A dan C , boron , dan zat – zat berkhasiat lainnya yg efektif menurunkan kadar kolesterol & resiko kanker. Juga mengandung senyawa2 anti bakteri & anti viral. Studi2 membuktikan , membaui aroma apel hijau dapat mengurangi nafsu makan. Pengobatan alternatif tertentu menggunakan apel untuk penurun berat badan. Apel juga mempunyai ktifitas anti anflammatory estrogenic activity. Tinggi serat , membantu mencegah konstipasi, menekan nafsu makan. Perhatian : jus apel dapat menyebabkan diare pada anak.
  2. BAWANG PUTIH , Digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit sejak jaman kuno. Antibiotik spektrum luas yg memerangi bakteri, parasit usus & virus. Dalam dosis tinggi dapat mengobati encephalitis. Menurunkan tekanan darah & kolesterol darah, mencegah penggumpalan darah yg berbahaya. Makan 2 – 3 siung sehari dapat mencegah serangan jantung berikutnya pada separuh pasien jantung. Mengandung senyawa anti kanker. Menempati urutan pertama daftar makanan yg berpotensi mencegah kanker , mengurangi kanker perut, obat pilek yg baik. Berperan sebagai decongestant, expectorant, anti spasmodic, anti inflammatory. Meningkatkan respons imunt. Membantu meredakan gas, mempunyai aktivitas anti diare, astrogenic dan diuretic.
  3. BOK CHOY DAN KOL , Mengandung senyawa anti oksidant dan anti kanker. Mempercepat metabolisme estrogen sehingga diduga kuat dapat mencegah kanker payudara dan memekan pertumbuhan polip, suatu pendahulu penyebab kanker kolon ( dubur ). Makan kol lebih dari sekali seminggu menurunkan kanker kolon pada pria sampai 66 %. Makan dua sendok makan kol matang setiap hari mencegah kanker perut. Kol juga mengandung senyawa2 anti ulcer shg membantu penyembuhan ulser pada manusia. Mengandung kekuatan anti viral & anti bakteri. Kol mentah spt di dlm coleslaw tampak mempunyai nilai kesehatan yg lebih baik secara keseluruhan.
  4. BROKOLI , Satu saji brokoli mengandung 97 % intake vitamin C harian. Sangat baik untuk masalah jantung. Antioksidan mempertahankan aliran darah normal dan menurunkan tekanan darah, Kandungan seratnya menurunkan kadar kolesterol. Kandungan chromiumnya mengatur kadar gula darah . dalam jumlah tepat makanan ini dapat mencegah borok dan katarak. Mempunyai aktivitas pembasmi kanker yg luar biasa tinggi, terutama terhadap kanker paru, kanker kolon, dan kanker payudara. Brocoli juga mempercepat pembuangan estrogen dari dalam tubuh serta menekan kanker payudara.
    Catatan : memasak & memproses menghancurkan sebagian antioksidan & senyawa2 antiestrogenic seperti indoles & glutathione. Paling berkhasiat jika dimakan mentah atau dimasak sebentar.
  5. ANGGUR , Kaya senyawa anti oksidant. Anggur merah mempunyai kandungan tinggi anti oksidant quercetin. Kulit buah anggur mengandung resveratrol, menunjukkan mencegah menempelnya platelet yg menyebabkan menggumpalnya darah.

Bersambung....