Selasa, 22 Januari 2013

APA ITU GAMAT ? ATAU DIKENAL JUGA SEBAGAI TERIPANG

Gamat dikenal juga dengan istilah “teripang” atau “trepang” atau “timun laut” atau “sea cucumber” atau “hoi som”, merupakan istilah yang diberikan untuk hewan invertebrata Holothuroidea yang dapat dimakan.
Ia tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat.

Gamat / Teripang merupakan komponen penting dalam rantai makanan di terumbu karang dan ekosistem asosiasinya pada berbagai tingkat struktur pakan (trophic levels). Teripang berperan penting sebagai pemakan deposit (deposit feeder) dan pemakan suspensi (suspensi feeder).

Terdapat kurang lebih 1000 species gamat, namun yang dapat dijadikan bahan makanan tidak lebih dari 40 species saja. Satu diantara gamat yang dapat dikonsumsi adalah gamat jenis Stichopus Hermanii (gamat
emas).

Gamat Emas dikena secara luas di kalangan orang Melayu di Malaysia sebagai obat penyembuh luka yang ampuh.Gamat emas mengandung banyak zat gizi seperti protein, mineral, omega 3 dan Bio Active Element.

Dalam sejarah tradisional China Gamat telah digunakan sejak lebih dari 1000 tahun yang lalu untuk membantu mengatasi keluhan seperti menyembuhkan luka, meredakan rasa sakit di persendian, memperlancar sirkulasi darah dan secara umum dikonsumsi sebagai hidangan spesial untuk menjaga kesehatan karena dinilai sebagai ginseng laut.

Demikian pula oleh masyarakat Malaysia di Pulau Langkawi, sejak ratusan tahun lalu telah menggunakan Gamat untuk pengobatan seperti radang sendi, astma, luka bakar, penyakit kulit dan sebagai minyak urut.

Dibalik bentuknya yang aneh dan menjijikan ternyata gamat / teripang memiliki kandungan manfaat yang sangat luar biasa.Berdasarkan hasil penelitian diberbagai Universitas di seluruh dunia, ditemukan bahwa teripang/gamat emas sangat berkhasiat sebagai obat serbaguna dan antiseptik traditional. Teripang/gamat kaya akan Grow Factor sehingga dapat memperbaiki sel-sel rusak.

Kandungan protein hingga 82% dan asam lemak essensial sangat mujarab memperkuat sel-sel hati untuk mengeluarkan antibiotik, karena itu gamat sering disebut sebagai “Imunomodulator” lantaran kandungan
kolagen yang tinggi sehingga ampuh melakukan regenerasi sel secara singkat.

Secara tradisional / turun temurun di kawasan Asia gamat telah dipergunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, diantaranya adalah:

1.Wanita sehabis melahirkan untuk menghentikan pendarahan .
2.Mempercepat penyembuhan sehabis operasi dan  luka khitan pada anak laki.
3.Melancarkan peredaran darah
4.Mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah
5.Melancarkan fungsi ginjal
6.Meningkatkan kadar metabolisme
7.Membantu penyembuhan arthritis, diabetes melitus dan hipertensi
8.Stroke dan Asma Menahun
9.Lupus Sendi , Diare pada anak usia 3 tahun, Daya pikir / konsentrasi

Penelitian para ilmuwan dan akademis selama 8 tahun menemukan  bahwa :

Manfaat Gamat sangat banyak, ini karena teripang memiliki kandungan ” CELL GROWTH FACTOR ” (faktor generasi sel) / gamapedia yang akan merangsang sel-sel jaringan tubuh manusia yang telah rusak
/ sakit bahkan membusuk atau mengalami kerusakan untuk melakukan perbaikan sendiri (regenerasi) menjadi sehat & berfungsi normal kembali.

Jadi sangat - sangat masuk akal jika Gamat juga dikatakan sebagai obat awet muda dan panjang umur. Sangat luar biasa !!

<<< Produk Terkait >>>

PERHATIAN !
Simpan di tempat sejuk dan kering seperti di lemari es
Tidak diperuntukkan untuk penderita alergi makanan laut


Tidak ada komentar: