Minggu, 30 Desember 2012

Propolis

Selama ini kita pada umumnya hanya mengentahui 3 produk yang dihasilkan dari lebah, yaitu :

1. Madu
2. Royal Jelly
3. Bee Pollen

Tetapi ada satu produk lagi yang dihasilkan dari lebah yang ternyata tidak kalah luar biasa dari ketiga produk di atas, produk lebah yang luar biasa ini namanya adalah :  PROPOLIS
Propolis berasal dari kata Yunani. Pro = sebelum, Polis = Kota. Jadi arti bebas dari kata Propolis adalah Sistem Pertahanan Kota

Propolis atau Lem Lebah adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Dikumpulkan oleh lebah dari pucuk daun-daun yang muda,terutama pohon poplar, untuk kemudian dicampur dengan air liurnya, digunakan untuk menambal dan mensterilkan sarang. Diperkirakan dari 200.000 ekor lebah hanya menghasilkan kurang lebih 20 gram propolis dalam setahun.

Propolis bersifat disinfektan (anti bakteri) yang membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah. lebah meliputi sarangnya dengan propolis untuk melindungi semua yang ada didalam sarang tersebut dari serbuan kuman, virus, atau bakteri, misal: ratu lebah, telur, bayi lebah dan madu.

Sifat disinfektan alami yang terkandung dalam propolis sangat ampuh dalam membunuh kuman, terbukti dengan pernah ditemukannya seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun
dalam keadaan tidak membusuk.

Propolis mengandung zat yang dapat menetralkan racun yang terakumulasi di dalam tubuh manusia dan propolis  mengandung zat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu bioflavonoid.

Bioflavonoid juga bekerja sebagai  antibiotika alami yang dapat menghancurkan bakteri , jamur dan membersihkan virus dari dalam tubuh.

Manfaat super lainnya adalah perbaikan sel pada jaringan atau organ yang rusak. Karena propolis dapat memperkuat dan mempercepat regenerasi sel.

Diketahui bahwa kandungan yang terdapat dalam Propolis adalah :

1) Propolis mengandung semua Vitamin kecuali vitamin K.
2) Propolis mengandung semua Mineral yang dibutuhkan tubuh kecuali Sulfur.
3) Propolis mengandung 16 rantai Asam amino esensial yang dibutuhkan untuk regenerasi sel.
4) Propolis mengandung Bioflavanoid, yaitu zat antioksidan sebagai suplemen sel. Menurut penelitian, kandungan Bioflavonoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan dari 500  buah jeruk.

<<< Produk Terkait >>>

Tidak ada komentar: